Indonesia adalah negara dengan berbagai budaya.

Hak Cipta Hanya Milik Allah Semata. Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

Pages

Blogger templates

Rabu, 04 Mei 2016

Teks Eksposisi




Budaya Baru, Bukan Berarti Budaya Lama Dilupakan



Tesis:
Seiring perkembangan zaman, banyak budaya dari berbagai daerah masuk ke Indonesia. Namun, budaya asing yang masuk tidak akan mudah diterima oleh masyarakat sekitar. Karena dibutuhkan proses dan kecocokkan pada budaya tersebut. Dengan masuknya budaya asing tersebut, maka terjadilah akulturasi (percampuran budaya) diantara kedua budaya tersebut. Budaya yang masuk akan bercampur dengan budaya setempat sehingga terciptalah budaya baru. Apabila budaya yang masuk merupakan budaya yang sesuai dengan adat setempat, maka akan berdampak positif. Namun, tentu saja ada dampak negatif pada budaya setempat.
Argumentasi 1:
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila budaya asli Indonesia harus hilang karena datangnya budaya baru. Karena setiap Bangsa pasti memiliki ciri khas tersendiri yang tentu berbeda dari yang lainnya. Mereka tidak ingin kebudayaan setempat tidak terdengar lagi keberadaannya di Indonesia.
Argumentasi 2:
   Mereka juga tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk melupakan budaya Indonesia asli adalah untuk mengikuti perkembangan zaman. Memang kita perlu untuk menyesuaikan dengan era globalisasi yang lebih maju, tetapi budaya asli Indonesia harus tetap menjadi ciri khas di tanah sendiri.
Argumentasi 3:
Kita sudah cukup untuk kehilangan budaya yang telah diklaim oleh Negara lain. Contohnya lagu  Sayang sayange yang telah diklaim menjadi lagu asli Negara Malaysia. Hal ini dapat terjadi karena dari kesadaran diri yang tidak mau melestarikan budaya Indonesia.
Penegasan Ulang :
            Dengan demikian, berdasarkan alasan diatas, kita jangan mudah untuk menerima budaya asing yang datang ke Indonesia. Karena budaya tersebut bisa jadi berdampak negatif bagi Indonesia dan kita harus tetap melestarikan budaya daerah. Dalam mengatasi masalah ini, perlu adanya koordinasi antara pemerintah dan masyarakat sekitar. Pemerintah dapat mencegah hal tersebut dengan membatasi segala hal yang dapat mempengaruhi masyarakat. Masyarakat sendiri diupayakan terus melestarikan budaya setempat dengan memperhatikan budaya baru yang masuk.

0 komentar:

Posting Komentar